11 tips traveling ke Bali saat Nyepi


Bagi kalian yang pengen travelling atau liburan ke Bali saat hari raya Nyepi, ini dia ada 11 tipsnya buat kalian :
1. Jangan pilih penerbangan H-1 Nyepi
Yang harus dipikirkan saat berlibur ke Bali saat Nyepi yaitu jangan memilih penerbangan H-1. Apalagi dengan jadwal kedatangan di Bandara Ngurah Rai di atas pukul 19.00 Wita. Karena dipastikan setiap jalan akan ditutup untuk pawai ogoh-ogoh.
Supir taksi hanya bisa mengantarkan traveler sampai jarak terdekat. Selanjutnya, traveler harus jalan kaki menuju hotel. Semua penerbangan di Bandara Ngurah Rai baru dibuka kemBali setelah H+1.
2. Bawa senter elektronik
Bawa senter elektronik yang tinggal dicharge ketika habis. Gunanya, pada saat malam Nyepi, semua lampu di hotel harus dimatikan termasuk lampu kamar. Kecuali ada anak kecil dan lampu baca yang masih diperbolehkan menyala.
3. Bawa obat-obatan
Bawalah obat-obatan yang diperlukan, karena semua apotek dipastikan tutup. Tapi rumah sakit 24 jam di Bali tetap buka. Namun tetap saja, akses menuju ke rumah sakit yang ditutup. Kalian harus berjaga-jaga soal kesehatan.
4. Membawa perlengkapan renang, buku, iPad atau laptop
Jangan lupa bawa perlengkapan renang, buku, laptop atau media hiburan lainnya. Apabila di hotel tempat Anda menginap ada kolam renang, pada saat Nyepi traveler masih bisa berenang di kolam renang tersebut sampai sore. Buku, laptop atau media hiburan lainnya juga bisa digunakan untuk mengusir kejenuhan selama di kamar.
5. Sedia makanan ringan dan minuman
Beli makanan ringan, air mineral, atau softdrink di minimarket. Semua minimarket di Bali akan buka hingga pukul 22.00 Wita sehari sebelum Nyepi. Jadi, jangan lupa persiapkan makanan dan minuman untuk di kamar saat Hari Nyepi.
6. Sediakan uang tunai sebelum Hari Nyepi
Sebelum Hari Nyepi, semua mesin ATM sudah dimatikan mulai pukul 18.00 Wita. Tentunya, uang tunai sangat diperlukan untuk membeli makan malam atau jajan sebelum Hari Raya Nyepi tiba.
7. Tanyakan pada pihak hotel tentang pelayanan selama Nyepi
Saat Nyepi, traveler tidak diperkenankan keluar dari hotel. Peraturan ini dimulai pada pukul 06.00-06.00 Wita keesokan harinya. Jadi, tanyakan pada pihak hotel untuk makan siang dan makan malam di restoran hotel.
Tanyakan juga apakah pekerja hotel diperbolehkan bekerja melayani tamu selama Nyepi. Untuk makan malam biasanya dibatasi hanya sampai pukul 18.00 Wita saja.
8. Isi waktu dengan berbagai kegiatan di hotel
Kalian bisa mengisi hari dengan berenang di kolam renang hotel, bersantai di kamar, membaca buku, dan lain-lain. Ingat, semua siaran TV lokal ditiadakan, termasuk radio. Oleh sebab itu, jika televisi hotel menggunakan cable atau satelit TV maka televisi hanya mendapat siaran asing saja.
9. Jangan membuat kegaduhan di hotel
Ini sangan penting! Jadi jangan pernah membuat kegaduhan karena biasanya para petugas hotel atau pecalang akan memperingatkan kalian.
10. Kurangi cahaya lampu kamar saat malam hari
Ketika malam tiba, buat lampu kamar Anda agak temaram. Jangan hidupkan semua lampu, kecuali tirai kamar cukup tebal dan menutupi area jendela. Sehingga tidak ada sinar yang bisa keluar dari kamar.
11. Coba keluar kamar (hanya di dalam hotel) saat malam
Cobalah keluar kamar untuk menikmati Bali saat gelap gulita. Pulau Dewata yang biasanya dipenuhi kerlap-kerlip lampu, hanya disinari bulan dan bintang yang bersinar begitu cerah.
Nyepi adalah saat perenungan. Seandainya ritual ini dilakukan di seluruh Indonesia, bisa dibayangkan penghematan energi yang begitu besar. Setelah Nyepi berakhir, masyarakat Bali akan saling bersilaturahmi dan sembahyang di pura keluarga untuk merayakan Tahun Baru Saka.
Share on Google Plus

About Tiesna Sulistiana

We are an online tourist information that helps you to book all kinds of an outdoor activities while you are in bali. We are able to offer you the lowest price and easiest reservation.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment