Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati : Tidak Perlu Ke Arizona, Di Bali Juga Ada Loh

Satu lagi destinasi wisata alam eksotik yang terdapat di Bali. Cocok untuk Anda yang ingin merasakan wisata alam nan eksotis dan menantang di Bali. Hidden Canyon Beji Guwang, yang terletak di wilayah Sukawati, Gianyar, merupakan lembah yang dalam dan sempit dengan lereng curam dan terjal akibat erosi aliran sungai.

Perjalanan menuju tempat tersebut membutuhkan stamina dan kondisi yang fit. Banyak wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini mengatakan bahwa ke Hidden Canyon ini merupakan sebuah perjalanan wisata alam yang menantang, karena menuntut fisik dan stamina yang benar - benar fit. Namun, pemandangannya yang indah, menjadikan tempat ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bali.


Sebelum menjadi destinasi wisata, tempat ini dulunya dijadikan lokasi untuk memancing bagi warga sekitar. Selain itu, di sekitar sungai ini terdapat Pura Beji yang memiliki pancuran air yang digunakan oleh warga sekitar untuk kebutuhan air minum dan air suci keperluan upacara di pura - pura sekitar.

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati ini sendiri menjadi populer setelah seorang fotogrfer mengunggah fotonya ke internet. Foto - foto yang eksotis dan menawan tersebut membuat orang penasaran untuk mengetahui dimana lokasi tersebut.


Lokasi Hidden Canyon Beji Guwang sendiri berjarak kurang lebih 15 km dari kota Gianyar atau sekitar 14 km dari kota Denpasar. Rute tercepat dari kota Denpasar, dapat melalu Jalan bypass Ida Bagus Mantra di perempatan desa Ketewel kemudia mengarah ke Jalan Raya Ketewel yang menuju Jalan Raya Guwang. Sesampai di patung garuda kira-kira lagi 750 meter lagi terdapat Pura Dalem dengan area parkir yang cukup luas dan merupakan tempat parkir kendaraan untuk selanjutnya jalan kaki menuju Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati.
[Peta Lokasi Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati Gianyar Bali]

Bagi wisatawan yang pertama kali berkunjung ke Hidden Canyon Beji Guwang sebaiknya menggunakan jasa pemandu dari penduduk setempat atau orang yang sudah pengalaman menyusuri sungai Guwang. Untuk tiba di lokasi ngarai harus menempuh rute sepanjang 700 meter menyusuri sungai yang memiliki batu-batu licin. Tanpa pemandu wisatawan akan kebingungan mencari rute atau jalan yang dapat dilalui maupun tidak untuk menuju lokasi canyon.
Perjalanan menuju ngarai cukup ekstrim bagi wisatawan yang tidak biasa melakukan perjalanan petualang. Selain harus melewati aliran sungai dengan bebatuan yang licin, ada proses memanjat beberapa tebing kecil untuk berpindah tempat. Ada tiga titik ngarai di sungai Guwang, dan titik ngarai yang terakhir harus ditempuh dengan lebih sulit serta harus melewati kubangan air sehingga mau tidak mau harus basah. Perjalanan yang menguras tenaga ini akan terbayar dengan panorama yang memukau.

Poin penting ketika ingin mengunjungi Destinasi wisata ini :
  • Sebaiknya berwisata ke Hidden Canyon Beji Guwang saat musim kemarau, jika musim hujan aliran sungai sangat deras sehingga tingkat kesulitan lebih tinggi untuk menuju lokasi.
  • Jam berkunjung disarankan pada pagi hari sekitar jam 08.00 - 08.30 jika ingin mengunjungi tiga ngarai yang ada. Jika terlalu sore rute sudah mulai gelap dan untuk kembali ke tempat parkir sangat sulit meskipun tidak perlu lagi menyusuri sungai, melainkan melewati area persawahan.
  • Ngarai tersembunyi Beji Guwang termasuk area yang disakralkan oleh warga setempat, untuk itu disarankan untuk bersikap dan berpakaian yang sopan. Serta selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
Share on Google Plus

About Tiesna Sulistiana

We are an online tourist information that helps you to book all kinds of an outdoor activities while you are in bali. We are able to offer you the lowest price and easiest reservation.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment