Kuliner Khas Bali Yang Wajib Dicoba Ketika Berlibur Ke Bali

Berlibur ke Bali, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Masakan Bali memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya, karena selalu di racik dengan bumbu rempah alami, kuat, dan pedas.

Jika berlibur ke Bali, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Pulau Dewata yang terkenal sangat enak. Berlibur tidak hanya mengeksplorasi destinasi wisata alam ataupun wisata lainnya, untuk mengisi perut cobalah cicipi makanan khasnya juga. Berikut ada beberapa rekomendasi kuliner khas Bali yang wajib Anda nikmati ketika berlibur ke Bali.

Nasi Jinggo


Nasi Jinggo merupakan nasi siap saji yang di bungkus dengan daun pisang berporsi kecil, kira - kira sekitar sekepalan tangan orang dewasa. Karena porsi Nasi Jinggo sangat sedikit, pembeli biasanya tak cukup hanya menyantap satu porsi saja.

Seperti halnya Nasi Kucing yang di jual di warung angringan pada umumnya, lauk dari pada Nasi Jinggo juga bervariasi seperti ayam suwir, mie goreng, tempe goreng kering, telur dadar dan lain sebagainya. Nasi Jinggo sudah ada dari tahun 90an sebelum krismon, kini Nasi Jinggo di jual mulai dari harga Rp 1.500, 2.000 hingga 5.000 per porsinya.

Nasi Jingga termasuk makanan ngehits di Bali, sehingga akan mudah Anda temukan di pinggir-pinggir jalan di daerah Pulau Dewata ini. Biasanya pedagang Nasi Jinggo akan membuka stand seadanya di pinggir jalan dimana Nasi Jinggo dijajakan.


Sate Lilit


Tidak seperti kebanyakan sate pada umumnya, Sate Lilit ini merupakan salah satu dari banyaknya kuliner Bali yang enak, lezat, dan memiliki tampilan yang sedikit unik. Dengan memiliki rasa yang sangat bersahabat menjadikannya banyak di gemari penikmatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk Sate Lilit biasanya menggunakan bahan utama sesuai selera seperti menggunakan daging sapi, udang, tahu, ikan, daging ayam dan masih banyak lainnya.

Cara pengolahannya, daging dicintang terlebih dahulu dan di racik dengan bumbu khas, setelah itu kemudian dililitkan di batang serai maupun tanggai bambu. Untuk menemukannya tak harus berkeliling kota, cukup hanya berjalan kaki Anda akan mudah menemukannya lapak penjual Sate Lilit di pinggir-pingir jalan.


Tum Ayam


Serasi dengan namanya, kuliner ini menjadikan daging ayam sebagai bahan dasar sebagai pembuatannya. Kata “tum” bermakna di bungkus menggunakan daun yang biasanya menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Kemudian daging ayam yang sudah di cincang sedemikian rupa di beri bumbu dan dimasak dengan cara dikukus.

Dengan pembungkus berupa daun pisang, menjadikan kuliner ini mempunyai cita rasa yang khas, sedap apalagi dengan peracikan bumbunya dari rempah-rempah yang istimewa pastinya akan memanjakan lidah Anda.


Rujak Kuah Pindang


Kuliner yang satu ini cocok untuk Anda para penikmat rujak. Rasanya menggelegar dari paduan segar, asam, manis, pedas dan rasa kekhasan ikan pindang dengan sedikit bau amis yang khas. Rujak Kuah Pindang adalah resep masakan dari Bali, yang unik dan menariknya ialah menggabungkan kesegaran buah-buahan dengan kuah yang di ambil dari air rebusan kepala ikan laut.

Biasanya, kaldu yang digunakan sebagai kuah dari rujak ini ialah ikan togkol berukuran agak besar. Sekalipun terlihat aneh, namun cita rasa dari Rujak Kuah Pindang ini sangat menggelitik lidah dan sangat sedap. Adapun buah-buahan yang di gunakan seperti halnya mangga muda, jeruk bali, pepaya muda, mentimun, dan juga kedondong.


Rujak Bulung


Satu lagi rujak khas Bali yang siap menggoyang lidah para penikmatnya. Rujak Bulung, tidak seperti rujak pada umumnya, rujak ini berbahan dasar rumput laut yang di racik dengan garam, cabe rawit, terasi, kencur, kelapa parut, kuah pindang dan memiliki rasa yang luar biasa pedasnya.


Jukut Ares


Bagi yang belum pernah memakannya menu kuliner ini, mungkin sangat aneh karena berbahan dasar batang pisang. “Jukut” yang berarti sayur, sedangkan “Ares” artinya batang pisang. Kuliner nan eksotik ini biasanya dimasak masyarakat Bali ketika diadakannya pelaksanaan suatu upacara atau Yadya berlangsung.

Merupakan makanan sayur berkuah tradisional Bali, ayam, bebek, sapi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk pembubuannya menggunakan base genep ataupun base gede yakni bumbu lengkap. Biasanya, Jukut Ares banyak dijumpai dan di sajikan pada warung masakan khas Bali.


Tipat Cantok


Olahan Tipat Catok hampir sama dengan kuliner gado-gado, yang membuatnya berbeda adalah racikan bumbunya. Dengan komposisi ketupat ( dalam bahasa Indonesia ) atau lontong yang di ulek bersama berbagai sayuran rebus. Semua bahan di campur menjadi satu ke dalam wadah dengan saus kacang tanah yang mampu menggoda selera.

Tipat Cantok disajikan di atas piring dengan sendok dan garpu, di atasnya di beri taburan bawang goreng, kacang merah goreng, yang di lain tempat ada variasinya tersendiri seperti penambahan telur, daging dan lain sebagainya.


Serombotan


Perpaduan dari berbagai macam sayuran, kacang panjang, toge, bayam, terong bulat, dan kangkung. Kesemua dari sayuran tersebut di rebus di atas api sedang higga matang terkecuali sayur terong. Setelah itu di tiriskan dan di potong pendek guna mempermudah penyajian dan memakannya.

Selain sayuran yang sudah disebutkan di atas ada juga menu Serobotan yang di sajikan menggunakan beberapa jenis sayuran kacang-kacangan hingga disebut dengan “Serobotan Kacang”. Sementara bumbu yang digunakan kurang lebih ada 3 jenis, seperti bumbu kelapa parut, bumbu kacang dan yang terakhir adalah bumbu Uyah Sere Limo ( bumbu paling pedas di antara keduanya ).


Ayam Betutu


Berbahan dasar ayam yang di olah sedemikian rupa, semua kalangan pastinya suka dengan kenikmatannya. Ayam Betutu adalah makanan khas Bali yang sudah tidak asing bagi wisatawan dan hampir kesemuanaya pernah mencicipi kelezatan yang di tawarkan oleh hidangan ini ketika mereka berlibur ke Bali.


Kuliner Ayam Betutu mempunyai cita rasa yang sangat lezat, enak, dan menonjolkan rasa pedas. Karena dalam proses mengolahnya menggunakan bumbu cabai yang cukup banyak yang dimasak bersamaan dengan ayam, sehingga bumbu meresap sampai ke dalam daging. Kuliner yang cocok untuk para pecinta makanan pedas.


Lets get lost in Bali with #kaburkebali
Ingin Paket Tour and Activities? Klik http://bit.ly/2jGFert

Share on Google Plus

About Tiesna Sulistiana

We are an online tourist information that helps you to book all kinds of an outdoor activities while you are in bali. We are able to offer you the lowest price and easiest reservation.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment