Menikmati Indahnya Wisata Bahari Di Bali

Bali, tidak akan ada habisnya jika kita membicarakan tentang destinasi wisata yang ada di tempat ini. Mulai dari keindahan alam hingga kekayaan budayanya, membuat orang ingin kembali lagi ke Bali. Panta - pantai di Bali menjadi daya tarik utama untuk para peselancar lokal maupun mancanegara. Tapi, apakah Anda sudah menikmati keindahan bawah laut Bali? Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata bahari untuk Anda yang belum dan ingin menikmati keindahan bawah laut Bali.


Tulamben
Destinasi wisata bahari yang pertama adalah Tulamben. Tulamben adalah sebuah desa kecil di Kabupaten Karangasem. Wisata Taman Laut di perairan Tulamben adalah spot favorit untuk para penyelam, karena disini merupakan tempat karamnya kapal Lyberty Glo milik Amerika Serikat di era perang dunia kedua. Bangkai kapal ini menjadi daya tarik tersendiri karena sudah ditumbuhin dengan aneka karang warna - warni. Divespot di tempat ini juga jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 15 meter dan arusnya pun tidak terlalu deras.

wisata bahari di bali
Shipwreck – Tulamben (sumber foto: http://balisuntours.com)

Bila Anda tertarik untuk menikmati keindahan bawah laut di Tulamben, Anda harus menempuh sekitar 100Km dari Denpasar. Lelah Anda di perjalanan akan terbayar oleh keindahan Tulamben. Jika ingin menyelam, Anda tidak perlu repot untuk membawa perlengkapan selam, karena ditempat ini sudah tersedia penyewaan alat selam lengkap dengan guide profesional yang siap memandu anda.

wisata bahari di bali
Tulamben underwater (sumber foto: tulamben.com)



Pemuteran
Destinasi wisata bahari selanjutnya adalah Pemuteran. Disini ada taman candi dan pura bawah laut, tepatnya di teluk Pemuteran, Buleleng - Bali. Candi tersebut bukan peninggalan arkeologis, melainkan sengaja di tenggelamkan sebagai bagian dari upaya konservasi terumbu karang oleh para penggiat lingkungan. Tentunya ini sangat unik dan menarik.

wisata bahari di bali
Pura bawah laut Pemuteran Bali (sumber foto: ortibali.com)

Selain itu, spot diving disini juga sering dijadikan tempat latihan penyelaman. 
wisata bahari di bali
Candi bawah laut Pemuteran Bali (sumber foto: forum.liputan6.com)

Pulau Menjangan
Berkunjung ke Pulau Menjangan, bisa menjadi alternatif pilihan wisata yang berbeda dari Sanur dan Kuta. Pulau ini terkenal karena memiliki spot diving yang sangat indah. Pulau yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat ini memang alamnya masih asri, sehingga tidak heran kalau banyak biota laut langka yang bisa ditemukan disini. Selain itu, disini juga terdapat Anchor Weck dengan kedalaman sekitar 45 meter, dimana terdapat bangkai kapal milik Belanda yang konon karam pada abad ke - 19. Di sini pun ada spot diving Garden Eels, spot dengan banyaknya kumpulan garden eel dan sea fans. Ada pula Secret Bay yang perairannya cukup dangkal dengan beragam terumbu karang dan pasir vulkanik yang dihidupi berbagai biota laut yang menarik.

wisata bahari di bali
Keindahan bawah laut pulau Menjangan

Tak hanya pemandangan bawah lautnya yang mempesona, daratan di sekeliling pulau ini pun tak kalah indah. Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih merupakan sajian alam yang menenangkan pikiran. Jika Anda beruntung, Anda pun bisa melihat rusa - rusa yang sedang mencari makan.

wisata bahari di bali
Rusa di Pulau Menjangan (sumber foto: anekatempatwisata.com)

Odyssey Submarine Bali, Pantai Labuhan Amuk

wisata bahari di bali
Odyssey Submarine (sumber foto: submarinebali.com)
Selain seawalker, Anda yang tidak bisa berenang juga bisa menikmati keindahan laut di Bali dengan kapal selam Odyssey Submarine Bali. Wisata kapal selam pertama dan satu-satunya di Indonesia! Dengan kapal selam canggih buatan Victoria Machinery Depot, Anda akan diajak menjelajahi keindahan bawah laut hingga kedalaman 35 meter, setara dengan kedalaman yang bisa dicapai penyelam profesional.

wisata bahari di bali
Odyssey Submarine (sumber foto: ksmtour.com)
Odyssey Submarine Bali berangkat dari pantai Labuhan Amuk, Desa Antiga, Karangasem. Tempatnya ini bisa dijangkau dengan 1,5 jam berkendara dari pusat Kuta. Air laut yang cenderung tenang serta terumbu karang dan ikan-ikan lautnya yang beragam menjadi salah satu alasan mengapa Odyssey Submarine Bali bermarkas di sini. Selain itu, di pantai Labuhan Amuk juga terdapat berbagai sarana watersport, seperti banana boat, snorkeling, diving, dan ocean rafting.

Tanjung Benoa
Selain Pulau Penyu, Tanjung Benoa juga terkenal dengan watersport-nya. Sebetulnya berbagai pantai di Bali menyediakan sarana watersport, namun watersport di Tanjung Benoa lebih banyak variasinya. Di sini pun ada seawalker, di mana Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Tanjung Benoa tanpa harus bisa berenang atau memiliki lisensi untuk menyelam. Anda hanya perlu mengenakan helm khusus kedap air yang dialiari oksigen, jadi serasa jalan-jalan di daratan.

wisata bahari di bali
Peralatan seawalker (sumber foto: bali-indonesia.com)

Sebelum menginjak dasar laut, Anda harus menuruni anak tangga sepanjang 6 meter. Tentunya, Anda pun akan dipandu oleh instruktur profesional sehingga aktivitas ini aman. Peralatan yang digunakan untuk seawalker menerapkan teknologi terkini dari Jepang. Bahkan, anak-anak di atas 10 tahun sudah bisa mencoba aktivitas menyenangkan ini.

wisata bahari di bali
Sea walker (sumber foto: http://balitourexperiencepackages.blogspot.co.id)


Share on Google Plus

About Tiesna Sulistiana

We are an online tourist information that helps you to book all kinds of an outdoor activities while you are in bali. We are able to offer you the lowest price and easiest reservation.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment