Objek Wisata Mempesona Di Karangasem

Kabupaten Karangasem, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian timur Bali, dengan luas kurang lebih 839,54Km persegi.
Karnagasem sendiri terdiri dari delapan kecamatan.

Karangasem memiliki berbagai macan pemandangan landscape yang luar biasa. Deretan pegunungan, hutan tropis, sawah dengan terasering, pantai yang indah, sisa -sisa arkeologi budaya dan sejarah. Desa tradisional "Bali Age" dengan gaya hidupnya membuat kawasan ini layak untuk dikunjungi.

Sangat mudah untuk menjangkau semua tempat - tempat menarik di Karangasem, mengingat Karangasem sudah didukung oleh kondisi jalan yang bagus, fasilitas yang memadai seperti restaurant, hotel, toko suvenir, dan lain - lain.

Berikut adalah beberapa kawasan wisata di Karangasem yang wajib dikunjungi.

Pura Besakih


Salah satu obyek wisata yang paling populer dari Bali adalah Pura Besakih yang terkenal sebagai sebuah lokasi sembahyang para umat beragama Hindu yang ada di Bali. Berlokasi di Kecamatan Rendang, Gunung Agung tampak menjadi latar belakang lokasi wisata yang suci ini. Sesampainya di Pura Besakih, para pengunjung tentunya akan disuguhkan dengan adanya Pura Penataran Agung Besakih yang menjadi 1 pusat Pura serta Pura pendamping yang berjumlah 18 turut mengelilingi Pura pusatnya.

Bagi yang masih bingung, Pura Penataran Agung Besakih adalah Pura yang paling besar yang bisa ditemukan saat berkunjung di Pura Besakih ini. Bangunan untuk sembahyang paling banyak dimiliki oleh Pura Penataran Agung besakih yang juga disebut dengan Pelinggih dan dijadikan sebagai pusat dari tempat ini. Tempat di mana Pura ini berdiri dulunya diketahui merupakan sebuah hutan belantara.

Pantai Tulamben


Dari Denpasar, pantai ini hanya berjarak sekitar 125 kilometer ke arah timur laut dengan menempuh perjalanan sekitar 3 jam dan Tulamben yang cantik ini adalah salah satu lokasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di Karangasem. Namun, pantai ini tidaklah sama seperti Pantai Kuta di mana wisatawan bisa berjemur sepuasnya, bahkan bisa bermain bola di atas pasir. Pantai Tulamben ini berbatu-batu dan bukannya berpasir; itulah keunikan dari lokasi ini.

Dari pantai ini, wisatawan bisa rileks sambil berjalan-jalan dan melihat pemandangan apik di sisi barat pantai, yakni panorama Gunung Agung. Pantai yang dipenuhi batu dan pasir hitam ini memang lebih unik, namun kegiatan menyelam tetap ada dan bisa dilakukan di pantai ini demi menelusuri keindahan dunia bawah laut. Jika ingin bertemu dengan Paus Hiu, Hiu Martil, dan ikan Mola-Mola yang ada di perairan Tulamben, silakan untuk datang dan menyelam di sini. Variasi biota laut seperti halnya rumput laut, ikan-ikan hias, terumbu karang dan plankton semuanya bisa ditemukan di spot wisata satu ini.

Tidak hanya sekadar menyelam biasa, penyewaan fasilitas scuba diving juga disediakan di oleh beberapa hotel sehingga bagi yang ingin memiliki kesempatan belajar scuba diving bisa langsung menuju ke Pantai Tulamben.

Putung


Obyek wisata alam ini bisa ditemukan ketika pengunjung pergi ke Kecamatan Selat, yaitu tepatnya di Desa Duda Timur dengan jarak sekitar 64 kilometer dari ibukota Bali. Lebih menguntungkannya lagi, hanya dengan naik angkutan umum, para wisatawan juga bisa menjangkau lokasi ini. Wisata alam Putung akan memberikan kepuasan tersendiri untuk para wisatawan sebab lokasinya yang ada di area pegunungan di mana perkebunan salak mengelilinginya. Begitu menyejukkan dan sangat pas untuk tempat berlibur untuk menyegarkan pikiran dan suasana hati.

Hal utama yang menarik dari tempat ini adalah keindahan alamnya sebab sesampainya di tempat ini maka para pelancong akan mampu melihat perpaduan panorama perkebunan salak, hutan, lembah, hutan dan perbukitan. Bila sampai di puncaknya, maka dari ketinggian tersebut, pengunjung akan mendapati pemandangan sawah milik warga sekitar yang ada di Kecamatan Manggis, tepatnya yang ada di desa dengan sebutan Adat Buitan. Satu lagi yang akan tertangkap oleh mata kita, yakni Labuhan Amuk dengan perahu-perahu milik nelayan yang berukuran besar terlihat sedang berlayar di luasnya lautan biru beserta dengan kapal pesiar yang bersandar. Ada juga Pulau Nusa Penida yang bisa terlihat dari jauh yang dipunyai oleh Kabupaten Klungkung.

Bukit Jambul


Satu lagi wisata alam yang penuh daya tarik di Kabupaten Karangasem dengan panorama laut, lembah, sawah dan perbukitannya yang sangat cantik dan menyegarkan. Ketika menengok ke sebelah timur, maka pengunjung akan dapat menemukan bukit tinggi yang menjulang di area Sidemen, sementara ketika melihat ke arah selatan, ada petak-petak sawah yang termasuk di kawasan Kabupaten Klungkung berikut juga laut luas biru indah yang ada di selatan Klungkung.

Rupanya nama dari Bukit Jambul ini diberikan pertama kali waktu seorang turis asal Belanda datang ke Indonesia. Para pengunjung tidak perlu khawatir soal fasilitas, sebab di kawasan ini ada berbagai kios atau warung makan berikut juga tempat parkir yang memadai. Tidaklah mahal untuk menikmati seluruh pemandangan menyenangkan di Bukit Jambul karena wisatawan dari manapun bisa secara gratis mengakses lokasi ini.

Padangbai


Kawasan wisata alam ini juga merupakan tempat yang meraih popularitas tinggi di Kabupaten Karangasem. Bertempat di Kecamatan Manggis, tepatnya di Desa Padangbai, lokasi ini diketahui termasuk di dalam daerah pengembangan tempat wisata Candidasa. Kalau dari kota Amlapura, maka jaraknya hanya kurang lebih 25 kilometer, namun jika dari ibukota Bali, maka jaraknya sekitar 31 kilometer. Diketahui pula bahwa ada pelabuhan di lokasi ini yang dijadikan akses transportasi laut dengan tujuan ke Pulau Lombok.

Bagi yang belum mengetahuinya, nama dari Padangbai ini sebenarnya hasil dari pengaruh bahasa Belanda, namun untuk nama aslinya sendiri adalah Teluk Padang. Wisata alam ini benar-benar indah dnegan adanya batu karang hitam kuat nan kokoh beserta pasir putih yang pastinya disukai setiap pengunjung. Karena pasirnya yang tebal dan putih bersih, maka tidak heran bila wisatawan gemar berjemur di lokasi ini. Aktivitas lainnya yang seru untuk dicoba adalah snorkelingdiving dan berenang sebab alam bawah laut di Padangbai tidak akan membuat menyesal para penyelam dan perenang. Ikan-ikan hias dan terumbu karang dengan berbagai jenis ada di dalamnya dan luar biasa memesona.
Blue lagoon merupakan hal yang sebaiknya tidak dilewatkan ketika ada di Padangbai, apalagi oleh para penyelam. Selain dari pantainya yang menawan, Padangbai pun memiliki sebuah kompleks Pura Dang Kahyangan, sementara itu bila berjalan sedikit ke bagian timur pantai ini, wisatawan akan dapat menemukan Pura Silayukti. Dari Pura Silayukti tersebut, jika beralih ke arah selatan maka para pengunjung bisa sekalian berkunjung ke Pura Tanjung Sari. Sedangkan untuk di bagian barat dari pelabuhan Padangbai ini, ada Pura Penataran Agung yang sebelumnya sudah diulas.

Tenganan


Mungkin sebagian wisatawan masih belum terlalu familiar dengan Tenganan yang merupakan sebuah Desa Bali Asli atau orang-orang juga banyak menyebutnya Bali Age. Berada di Kecamatan Manggis, desa tradisional satu ini bisa dijangkau dalam jarak tempuh 70 kilometer apabila langsung dari Bandara Ngurah Rai. Bali Age sendiri tentunya memiliki makna di balik itu di mana memang menandakan bahwa desa ini memiliki penduduk yang masih memegang teguh pedoman dan peraturan serta adat-istiadat yang ditinggalkan oleh leluhur mereka bahkan sejak dari zaman pemerintahan Majapahit.


Salah satu daya tarik dari desa ini adalah bangunan rumah warga yang rata-rata dibuat dari campuran tanah, batu sungai dengan batu merah dan ukurannya pun hampir sama antara satu rumah dengan yang lainnya. Pesona lain yang bisa ditemukan di desa ini adalah kerajinan khasnya yang berupa ukir-ukiran, anyaman bambu dan bahkan lukisan yang dibuat di atas daun lontar berikut juga kain tenun yang cantik. Gringsing adalah nama dari kain tenun khas desa ini; oleh sebab itulah, Tenganan Pegringsingan Bali adalah nama lain dari Desa Bali Asli ini. Teknik tenun dobel ikat tidak akan bisa didapatkan di negara lain karena hanya tanah air kita yang memilikinya.

Perang Pandang pun termasuk yang unik di desa ini dan sebagai sebuah tradisi, maka atraksi ini akan digelar setiap tahunnya. Bagi wisatawan yang tertarik untuk menontonnya, boleh datang pada sekitar bulan Juli. Perang Pandan atau mageret pandan ini merupakan sebuah ritual di mana ada satu pasang pemuda desa yang menggunakan duri dain pandan untuk saling sayat di atas panggung. Akan ada luka yang ditimbulkan oleh akibat sayatan duri daun pandan tersebut. Seusai ritual, luka-luka pada punggung kedua pemuda tersebut akan diobati segera menggunakan obat alami yang berasal dari umbi-umbian, namun tidak akan makan waktu lama untuk luka tersebut sembuh dan pulih.


Pantai Labuhan Amuk


Di Kabupaten Karangasem, Pantai Labuhan Amuk pun dapat menjadi lokasi liburan favorit dengan segudan aktivitas seru yang tidak akan membuat pengunjungnya merasakan bosan sedetik pun. Baik itu jalan-jalan, selancar atau berenang, semuanya bisa dinikmati ketika berada di Amuk Bay Bali yang letaknya ada di antara Padangbai dan Candidasa ini. Karena tergolong masih baru, tentunya tingkat keramaiannya pun masih sangat rendah alias tergolong sepi sekali. Untuk wisatawan yang lebih suka berlibur di pantai yang sepi, Pantai Labuhan Amuk tentunya adalah yang paling pas untuk disambangi.

Perpaduan pasir hitam dan pasir putih di tempat ini berikut juga pemandangan perahu tradisional nelayan yang warna-warni berjejer, serta terminal transit minyak PT. Pertamina adalah yang akan dapat tertangkap oleh perhatian Anda selama berada di lokasi ini. Walaupun sepi, tetap ada sejumlah warung makan yang bisa didatangi ketika merasa dahaga dan lapar. Dibandingkan dengan harga makanan dan minuman yang dijajakan di obyek wisata Bali selatan, jelas di kawasan ini lebih murah.
Beberapa aktivitas seru bisa dilakukan, yaitu berenang, snorkelingdiving dan bahkan wisata kapal selam. Ingin berenang tapi khawatir akan ombaknya yang besar dan berbahaya? Tempat ini aman karena ada di area teluk sehingga ombak air lautnya termasuk tenang dan tidak terlalu tinggi. Kano, ocean raftingtubingbanana boatjet ski dan dive walker adalah kegiatan air lainnya yang ditawarkan oleh Amuk Bay Bali.

Lets get lost in Bali with #kaburkebali
Ingin Paket Tour and Activities? Klik http://bit.ly/2jGFert
Share on Google Plus

About Tiesna Sulistiana

We are an online tourist information that helps you to book all kinds of an outdoor activities while you are in bali. We are able to offer you the lowest price and easiest reservation.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment