Tips Berlibur Di Bali Saat Hari Raya Nyepi

Apakah Anda ingin berencana liburan di Bali pada saat Nyepi? Jika benar, tentu saja itu adalah moment yang bagus dan sayang jika dilewatkan. Tapi sebelum benar-benar ingin berada di Bali saat Nyepi, ada baiknya anda mengetahui tips-tips berikut agar liburan pada saat nyepi anda lebih siap.


1. Pahami makna dan aturan catur Brata Penyepian

sumber gambar:http://saivaya.blogspot.com

Saat Nyepi, umat Hindu di Bali akan menjalankan Catur Brata Penyepian yaitu Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), Amati Geni (tidak menyalakan api), dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Jadi bagi Anda yang jadi Turis di Bali harus menghormati 4 pantangan umat Hindu diatas, seperti Amati Lelungan, Anda tidak diperbolehkan untuk berjalan-jalan keluar dari penginapan saat Nyepi.


2. Nyepi selama 24 jam

Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak matahari terbit atau biasanya dimulai pada pukul 06.00 pagi. Tapa brata penyepian selesai pada pukul 06.00 pagi keesokan harinya.


3. Pilih tiket pesawat sebelum atau sesudah Nyepi.

Baik bandara maupun pelabuhan, terminal, semua diliburkan. Jadi, jangan sampai Anda terjebak di bandara. karena jika Anda sampai di bandara saat Nyepi, maka Anda tidak bisa keluar dari bandara dan terpaksa menginap di bandara.

Begitu pula saat Anda hendak keluar dari Bali, belilah tiket pesawat setelah hari Nyepi. Namun, biasanya saat Nyepi memang tidak tersedia tiket pesawat. Pihak Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Ngurah Rai akan menginformasikan ke maskapai dan biro perjalanan wisata jauh-jauh hari untuk disosialisasikan ke calon penumpang.


4. Jangan keluar dari tempat penginapan.


Selama Nyepi, Anda tidak boleh keluar dari hotel tempat Anda menginap. Anda hanya diperbolehkan untuk berjalan-jalan di lingkungan hotel. Jadi, bukan berarti Anda harus di kamar terus. Ingat, jangan nekat bepergian bahkan datang ke pantai atau tempat umum lainnya. Akan selalu ada pecalang (Polisi Adat) yang mengawasi.

5. Jangan membuat keributan.

Jaga ketenangan dan hindari keributan. Misalnya, film yang tengah Anda tonton di kamar hotel atau musik yang Anda dengar dalam volume tinggi. Anda bisa menggunakan earphone atau mengecilkan volume yang terdapat di gadget anda.


6. Nyalakan lampu hanya di kamar hotel.

Saat malam hari, Anda boleh saja menyalakan lampu kamar hotel yang Anda tempati. Namun, jika kamar hotel tersebut memiliki balkon, jangan nyalakan lampu balkon. Selain itu, nyalakan satu atau dua lampu kamar agar penerangan kamar temaram atau tidak terlalu terang. Tirai kamar juga harus tertutup rapat sehingga tidak ada sinar lampu yang tampak dari luar.


7. Bila sakit.

Jika Anda merasa sakit dan perlu konsultasi dokter, segera laporkan ke petugas hotel untuk menelepon rumah sakit terdekat. Nantinya, ambulans rumah sakit yang akan menjemput Anda. Sebab, kendaraan yang diperbolehkan bepergian selama Nyepi hanya ambulans.


8. Sopan saat prosesi upacara.

Saat mengikuti berbagai prosesi upacara, berlakulah sopan. Misalnya, saat Melasti di pantai, jangan berjalan di depan rombongan umat. Ingatlah untuk jangan melangkahi sesajen yang baru saja dihaturkan. Ada baiknya mengenakan pakaian yang sopan.


9. Siapkan perbekalan.

Sebab, selama Nyepi, semua toko tutup, sebaiknya siapkan perbekalan Anda sehari sebelumnya.jangan lupa mempersiapkan perlengkapan P3K. Beli juga aneka camilan dan minuman. Ada baiknya Anda menginap di hotel yang telah menyediakan paket menginap sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Dengan demikian, Anda tidak repot memikirkan akan makan apa pada siang dan malam hari.

Ingin Paket Tour and Activities? Klik http://bit.ly/2jGFert
Share on Google Plus

About Tiesna Sulistiana

We are an online tourist information that helps you to book all kinds of an outdoor activities while you are in bali. We are able to offer you the lowest price and easiest reservation.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment