Sate Susu, Kuliner Ramadhan unik di Bali

Apa yang membuat daerah Kampung Jawa menjadi unik? Tepatnya di Desa Wanasari, Denpasar Barat, ada sebuah tradisi dimana para pedagang memanfaatkan bulan ramadhan dengan menjual berbagai macan makanan dan minuman pada sore hari menjelang waktu berbuka. Salah satu makanan unik dan hanya ada saat bulan ramadhan tiba. Lazimnya sate yang kita kenal selama ini adalah sate ayam, sate kambing, sate ikan, dan jenis sate yang sering dan biasa kita jumpai. Namun di daerah ini terdapat sate yang hanya ada ketika ramadhan tiba saja, yaitu sate susu. Sebenarnya ada juga yang menjual di luar bulan puasa, namun hanya beberapa yang menjualnya, dan peminatnya tidak sebanyak saat bulan puasa.


Sesuai namanya Sate Susu ini bahan dasarnya adalah puting-puting susu sapi. Bumbu sate ini berbeda dengan sate ayam atau kambing yang menggunakan saos kacang dan kecap, Sate Susu ini memakai bumbu yang berasal dari tepung beras yang dicampur dengan santan. rempah-rempah yang dipakai sebagai bumbunya adalah kencur, cabai merah, cabai rawit dan  bawang putih. Sate Susu dilengkapi dengan dua jenis sambal, yaitu sambal tomat dan sambal kuah tepung santan yang dikentalkan. Perpaduan sambal ini, akan terasa beda jika kita bandingkan dengan sate lainnya.


Sate Susu ini rasanya tidak seperti sate yang banyak kita temukan di Jawa atau dimana-mana seperti sate Madura atau sate klatak yang ada di Yogyakarta. Selain karena bahan dasar yang digunakan berbeda, bumbu dan cara memasaknya juga berbeda. Oleh karena Sate Susu ini berada di Kampung Jawa yang memang mayoritas penduduknya berasal dari Jawa, maka bisa dibilang rasa Sate Susu ini adalah perpaduan masakan Jawa dan Bali.

Kuliner ini bisa Anda jumpai di sepanjang Jl. Ahmad Yani Denpasar Barat, tepatnya di dekat Masjid Baiturrahman atau di pasar dadakan yang digelar untuk memenuhi kebutuhan aneka makanan dan minuman berbuka puasa.
Walaupun terkesan tidak umum, Sate Susu Bali ini selalu menjadi menu berbuka favorit yang paling diburu warga setiap Ramadhan dan menjadi makanan khas warga muslim di Bali saat bulan puasa. Jadi, saat Anda sedang berada di Bali dan bertepatan dengan Ramadhan, maka tidak ada salahnya Anda ke Kampung Jawa dan menikmati kuliner unik ini. Selain karena nikmat, Sate Susu ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama bulan puasa.
Share on Google Plus

About Tiesna Sulistiana

We are an online tourist information that helps you to book all kinds of an outdoor activities while you are in bali. We are able to offer you the lowest price and easiest reservation.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment